Ini Kisaran Biaya Pendaftaran Merek dan Penelusuran Merek yang Perlu Anda Tahu

Kategori


Ini Kisaran Biaya Pendaftaran Merek dan Penelusuran Merek yang Perlu Anda Tahu


Berapa biaya yang harus dikeluarkan saat mengajukanpermohonan pendaftaran merek ke Ditjen HKI? Berikut ini ulasannya

 

Dari hari ke hari,perkembangan dunia industri dan perdagangan kian meningkat. Sebagairepresentasi atas produk atau jasa yang ditawarkan, maka penting bagi setiappengusaha untuk melakukan pendaftaran merek ke Ditjen HKI sebagai bentukperlindungan hukum.

Pertanyaannya, mengapasebuah merek memerlukan perlindungan hukum dan berapa biaya pendaftaran merekyang harus dikeluarkan oleh pengusaha? Coba simak ulasannya berikut ini.

 

Pentingnya Pendaftaran Merek

1.    Menjadi aset usaha

Seiring berkembangnyausaha yang Anda jalankan, brand valuepada merek dagang pun turut meningkat. Semakin besar nilainya, maka semakinberharga pula merek tersebut.

2.    Menjadi identitas usaha

Seperti yang diketahuibahwa merek memiliki peran penting sebagai pembeda antara satu produk denganproduk lainnya, atau bisa juga dikatakan sebagai identitas usaha. Setelahmelakukan pendaftaran merek, Anda akan diberikan hak eksklusif atas merektersebut, apakah hanya digunakan sendiri atau mengizinkan orang lain untukmenggunakan mereknya. 

3.    Melindungi merek dari pembajakan

Melakukan pendaftaranmerek artinya merek tersebut menjadi satu-satunya milik Anda dan tidak bolehdigunakan oleh pihak lain. Apabila ada pihak lain yang menggunakan merek Andatanpa memiliki lisensi, maka Anda berhak untuk mengajukan gugatan ke pengadilanniaga sesuai UU Merek dan Indikasi Geografis pasal 83. 

 

Biaya Penelusuran Merek dan Pendaftaran Merek

Sebelum melakukanpendaftaran merek, akan lebih baik bila Anda melakukan penelusuran merek untukmemastikan apakah merek tersebut sudah terdaftar pada Ditjen HKI atau belum.Hal ini juga bertujuan untuk menghindari risiko penolakan permohonanpendaftaran merek.

Tidak ada biaya khususuntuk melakukan penelusuran merek karena Anda bisa melakukannya sendiri dipangkalan data kekayaan intelektual milik Ditjen HKI. Silakan akses laman resmiDitjen HKI, kemudian pilih menu e-penelusuran HKI. Setelah hasil penelusuranmenunjukkan tidak ada merek terdaftar yang sama dengan merek yang akan Andadaftarkan, barulah Anda bisa mengajukan permohonan pendaftaran merek.

Dalam prosesnya,permohonan pendaftaran merek bisa dilakukan secara pribadi atau atas namaperusahaan. Lalu, apa yang membedakan ke duanya?

Apabila usaha didirikansecara bersama-sama, mendaftarkan merek atas nama perusahaan akan lebihmenguntungkan karena merek tersebut akan menjadi aset perusahaan, bukan milikpendiri, pemegang saham, atau aset pengurus. Selain itu, mendaftarkan merekatas nama perusahaan juga berfungsi untuk meminimalisasi perselisihan di antarapemegang saham yang ingin menguasai merek atas nama pribadi.

Jika merek didaftarkanatas nama perorangan, maka merek tersebut akan menjadi milik pribadi sekalipunpemilik merek mendirikan PT. Akan tetapi, bila suatu hari terjadi sengketaterkait merek pribadi, maka bisa jadi akan mengancam aset pribadi karena Andaharus mempertanggungjawabkannya seorang diri.

Sesuai dengan PP No.28Tahun 2019 yang berlaku tanggal 3 Mei 2019, biaya permohonan pendaftaran merekdibagi menjadi:

1.     

Usaha mikro dan usahakecil

Bila pendaftaran merekdilakukan secara online, biaya yang harus dibayar adalah Rp500.000/kelas.Sedangkan biaya pendaftaran merek secara manual yaitu Rp600.000/kelas.

2.     

Umum

Pendaftaran merek olehumum yang dilakukan secara online akan dikenakan biaya sebesar Rp1.800.000/kelasdan Rp2.000.000/kelas untuk pendaftaran merek yang dilakukan secara manual.

Namun jasa pendaftaran merek umumnya memberikan harga flat yaitu Rp3.500.000 untuk pengerjaan dari awal sampai dengan selesai. 


Demikian penjelasanmengenai pentingnya pendaftaran merek dan berapa biaya pendaftaran merek yangharus dikeluarkan. Nah, sudahkah Anda mendaftarkan merek dagang Anda ke DitjenHKI? Bila belum segera ajukan pendaftaran merek agar usaha terhindar dari kondisitak terduga yang merugikan.

 

Sumber: smartlegal.id



Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
 

Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

削除
Ini Kisaran Biaya Pendaftaran Merek dan Penelusuran Merek yang Perlu Anda Tahu
    Komentar(0)